CARA MEMBUAT PASPOR RI DI IMIGRASI JAKARTA

Saat ini membuat paspor sangatlah mudah, tapi kita harus mempunyai ekstra kesabaran untuk menunggu. Pembuatan paspor bisa di kantor imigrasi dimana saja, selama  kantor imigrasi tersebut masih di wilayah RI. Sebagai contoh, jika Anda mempunyai KTP Tangerang dan ingin membuat paspor di Kantor Imigrasi Jakarta, maka Anda bisa melakukannya karena sistem pembuatan paspor sudah online seluruh Indonesia. Saya akan mencoba mengurai langkah-langkah serta tips untuk membuat paspor di kantor imigrasi dengan jalur normal (tanpa bantuan calo). Pembuatan paspor kali ini dilakukan di kantor imigrasi jakarta selatan (mampang-buncit).

HARI Ke-1 :

1. Lebih baik Anda datang pada pukul 7.30 pagi di kantor imigrasi ini, agar tidak terlalu lama menunggu. Jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu. Loket akan dibuka pada pukul 08.00, dan mesin nomor antrian akan beroperasi pada pukul 07.50, saran saya duduklah didekat mesin tersebut dan segera ambil nomor antrian. Jika loket masih lama bukanya, lebih baik Anda membeli formulir di tempat foto copy (dibawah tangga) seharusnya formulir gratis tapi disini Anda harus merogoh saku untuk mengambil uang Rp 5000. Setelah itu isilah formulir tersebut.

2. Sambil menunggu panggilan nomor antrian, lebih baik Anda memeriksa kelengkapan berkas yang harus diserahkan. Berkas yang harus dibawa (FOTO COPY & ASLI):

- PASPOR LAMA (Jika Anda sebelumnya sudah mempunyai paspor) –> WAJIB

- KARTU KELUARGA + KTP –> WAJIB

- AKTE KELAHIRAN –> WAJIB JIKA PUNYA

- Ijazah terakhir (SMA/UNIVERSITAS) –> WAJIB jika Anda tidak mempunyai Akte Kelahiran

- Rekomendasi dari Kantor / dari kampus

Isi dari surat rekomendasi :

- Kepada Yth,

Kantor Imigrasi Jakarta Selatan

- Perihal : pembuatan Paspor RI

- Tanggal : tanggal di surat harus tanggal Anda akan membuat paspor tersebut

- Tanda tangan atasan Anda + cap perusahaan / kampus

- Jika nomor Anda sudah dipanggil, maka serahkan berkas- berkas tersebut. Anda akan ditanya alasan membuat paspor, maka jawab saja untuk liburan atau tugas dari kantor, jangan pernah bilang untuk jaga-jaga. Selanjutnya apabila berkas Anda lengkap, maka Anda akan diberikan kertas putih yang berisi kelengkapan berkas dan tanggal untuk wawancara (foto+sidik jari). Jika ada 1 berkas yang tidak lengkap maka di kertas putih tersebut akan di tulis kekurangan berkas, dan Anda wajib membawanya pada hari ke-2. Jika berkas Anda sangat tidak lengkap, maka Anda berkas Anda tidak akan diproses sama sekali (ditolak), dan Anda harus balik lagi dan mengantri lagi. Jadi pastikan berkas2 Anda sangat lengkap.

- Maka setelah itu sudah selesai tugas Anda di hari 1

HARI KE-2 ( 2 hari kemudian) :

- Datanglah kembali sekitar pukul 7.30 pagi. Anda tidak perlu mengambil nomor antrian lagi

- Letakkan kertas putih yang Anda dapatkan di Hari ke-1 di loket nomor 3.

- Pada pukul 8 pagi, petugas akan memanggil nama Anda dan memberikan kertas putih yang berisi biaya2 yang harus Anda bayarkan.

- Bawalah kertas putih tersebut ke lantai 2 (loket KASIR), berikan ke petugas, tunggu 5 menit maka nama Anda akan dipanggil dan Anda membayar Rp 270.000 << harga resmi

- Setelah itu Anda akan diberikan kertas berwarna merah, dan bawa kertas tersebut ke lantai 1 lagi kebagian foto (dekat wc). Serahkan kertas tersebut ke dalam ruangan wawancara. Jika bingung jangan malu untuk bertanya.

- Sekarang Anda tinggal duduk manis untuk menunggu panggilan wawancara. Jangan kaget jika banyak sekali orang-orang yang langsung masuk tanpa menunggu, biasanya mereka menggunakan jasa express. Tapi sekarang petugas mulai menghormati orang yang tidak memakai calo (lebih respect).

- Jika sudah dipanggil, masukklah kedalam, dan lakukan sesi foto dan sidik jari. Saat ini Indonesia sudah menerapkan sistem foto biometric dan sidik jari seperti finger print. Sesi ini hanya memakan waktu 2-3 menit saja.

- Setelah itu, masih diruangan yang sama , Anda akan melakukan sesi wawancara. Bicaralah serileks mungkin jangan tengang. intinya, tujuan Anda mebuat paspor untuk jalan2 / tugas kantor dan pasti akan balik ke Indonesia. Jika Anda sudah pernah punya paspor maka biasanya Anda tidak akan di tanya macam2, hanya ditanya kebenaran data yang tecetak di paspor (penulisan nama, tanggal lahir). Stelah itu Anda akan di suruh tanda tangan di paspor.

- Finally, tugas Anda hari ini sudah selesai. dan balik lagi 4 hari kerja kemudian untuk ambil PASPOR RI Anda.

Hari ke-3 (setelah 4 hari) :

- Bawalah bukti pembayaran dan serahkan ke loket 4.

- Menunggu sebentar dan Anda akan menerima PASPOR Anda dan disuruh foto copy 1 lembar dan foto copy tersebut diserahkan di loket 4 lagi.

- “DONE”, keluarlah dengan tersenyum, karena Anda sudah mencoba menjadi warga negara yang baik dengan tidak menggunakan CALO.

Jadi total pembuatan paspor kurang lebih 6 hari kerja, dan total biaya Rp 270.000 (update : april 2009) + Rp 5000 uang formulir

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>